Minuman Asli Imogiri

Wedang Uwuh Sehat

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
free counters

Cara Membedakan Madu Asli dan Aspal

Ada berbagai macam cara  membedakan mana madu asli, mana madu palsu. Tapi cara-cara tersebut sangat susah. Nah ada cara yang mudah banget yang secara tidak sengaja saya baca didalam postingan di salah satu blog (maaf lupa nama blognya), kebetulan di rumah saya ada  tiga jenis madu yang diperoleh dari sumber yang berbeda : satu toples madu isi 1 Kg saya beli seharga 118 ribu, kemudian 1 botol madu dikasih teman dari Bangka, dan ada 8 botol madu yang saya beli dari pedagang yang biasa mengantar setiap 2 bulan ke rumah. Dari ke tiga jenis madu ini, ternyata satu madu yang saya beli sebanyak 8 botol tidak membentuk benang-benang hexagonal.
Bagaiamana Cara mengetahui madu Asli sebagaimana percobaan saya di atas, bisa Anda praktekkan sebagai berikut :
Tuangkan air putih (air jernih yang sudah dimasak agar nanti madunya bisa diminum) dalam sebuah wadah. Piring atau mangkok. Sebaiknya yang tidak bergambar (saya pakai piring berwarna putih bukan yang seperti kaca) supaya hasilnya tampak jelas. Masukkan setengah atau satu sendok makan madu ke dalam air tersebut. Goyang-goyangkan perlahan-lahan piring tempat di mana air dan madu ditampung, sehingga madu yang ada di dalamnya menyebar, nah pada saat Anda menggoyang maka dapat dilihat perubahan bentuk cairan madu. 
Jika madu tersebut asli, akan terlihat benang-benang berwarna kuning yang bentuknya menyerupai sebuah sarang lebah (heksagonal), seperti gambar di atas. Subhanallah, sungguh ajaib.
Kalo madunya palsu, misal terbuat dari gula, tentu tidak akan membentuk sarang lebah sebagaimana madu saya yang diuji coba dari madu yang 8 botol.
Semoga bermanfaat bagi Anda pecinta madu.

sumber asli dari
http://abughifari.wordpress.com/2009/01/03/cara-membedakan-madu-asli-dan-aspal/